Tuesday, 23 May 2017

Antara google adwords dan hasil pencarian organik

Kalau dulu saya untuk memperkenalkan bisnis saya , saya pasang iklan di beberapa surat kabar lokal , namun itu hanya untuk lokal saja artinya jangkauannya hanya seputar wilayah pembaca surat kabar itu . Namun seiring perkembangan teknologi IT kini surat kabar sudah mulai banyak di tinggal oleh pembaca setianya , semua informasi bisa langsung tersedia secepat kilat , tidak usah menunggu ke esokan harinya setelah beritanya dicetak oleh perusahaan surat kabar .

Kembali lagi pada teknik memasarkan suatu produk , kini dengan boomingnya pengguna ( user ) internet , banyak perusahaan besar yang mengiklankan produk mereka di dunia maya , dan platform yang paling diminiti konsumen adalah dari google . Begitu orang datang ke google meminta informasi , maka google langsung menyajikannya secepat mungkin dan seakurat mungkin .

Yang jadi masalah adalah apakah artikel kita yang memuat bisnis kita dimanakah di google akan ditanyangkan , apakah di halaman pertama atau di halaman sepuluh , dari survey diketahui bahwa konsumen akan banyak mengunjungi website hanya di urutan halaman pertama saja , orang tidak akan mengklik halaman ke dua - ke tiga dan seterusnya , orang akan kelelahan setelah membaca di halaman pertama .

sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya agar artikel yang memuat bisnis kita berada di halaman pertama google , menurut informasi ada 2 cara untuk bisa tampil di halaman pertama yakni dengan pencarian organik dan dengan hasil iklan , hasil dengan organik itu adalah dengan cara SEO (seach engine optimation ) gambarnya lihat screen shoot berikut ini :




Anggaplah saya adalah seorang pembeli yang sedang mencari sepatu anak , maka saya datang ke GOOGLE di sana saya mengetik " SEPATU ANAK - diatas berwarna kuning " maka google akan menampilkan tampilan seperti gambar diatas , yang di beri lingkaran merah itulah yang dinamakan iklan lewat google adwords , sedangkan yang di berik tanda ( lingkaran biru ) itulah yang dinamakan hasil pencarian organik .

Sebagai seorang pembeli sepatu , langkah yang saya lakukan adalah langsung mengklik seluruhnya atau salah satunya yang ada di halaman pertama , saya akan merasa malas jika harus mengklik dan membaca di halaman kedua - ketiga dan seterusnya , sebab yang saya cari sudah terwakilkan di halaman pertama . Setelah saya klik dan saya baca artikel mereka , jika saya setuju baik itu harga dan modelnya maka saya akan melakukan transaksi pembelian sepatu dengan si pemilik sepatu anak , secara otomatis bisnis dia akan laku sebab banyak yang beli , itu semua dikarenakan website dia berada di urutan pertama . untuk berada di halaman pertama bisa dilakukan dengan 2 cara yakni dengan SEO dan yang kedua adalah dengan cara pasang iklan di GOOGLE ADWORDS .

MANA YANG HARUS SAYA PILIH , APAKAH GOOGLE ADWORDS ATAUKAH PENCARIAN ORGANIK ( SEO ) ?


Google adwords 

Google mengatakan bahwa adwords adalah salah satu sumber penghasilan mereka , lalu apa itu google adwords dan bagaimana cara kerjanya ? Google adwords merupakan sebuah produk buatan google, si pemilik bisnis akan datang ke google atau agennya atau ia sendiri yang bikin ( pasang iklan di google adwords )

Si pemilik produk ( pebisnis ) akan membayar google jika ada orang yang mengklik iklannya, kalau tidak ada tamu yang datang ke websitenya maka ia ( pebisnis ) tidak usah membayarnya . itulah makanya Google adwords dikenal juga dengan istilah PPC artinya pay per clik . Ruginya jika kita menggunakan iklan google adwords ini adalah kita harus mengeluarkan cost untuk membayar google, sedangkan untungnya adalah kita tidak perlu pusing dan sakit kepala memikirkan apa itu SEO

Pencarian organik 


Pencarian organik ini ditampilkan oleh google, lalu bagaimana google bisa menampilkan website kita di halaman pertama ? jawabnnya tidak tau dan tidak pasti. Google sendiri menyatakan : tidak seorang yang bisa memastikan / menjamin untuk rangking satu . ada 200 faktor yang di kenal dengan istilah algoritm google , dan salah satu faktu itu adalah pagerank , page rank merupakan indikasi pentingnya sebuah website , ini ditandai dengan adanya link dari website lain , artinya semakin banyak link ke arah website itu maka pageranknya akan semakin tinggi pula .

Solusinya 

Tanya pada diri kita sendiri beberapa hal berikut ini :
  • Apakah kamu punya sebuah produk / jasa  ? 
  • Apakah kamu punya waktu untuk belajar atau ada minat untuk internet marketing ? Jika jawabannya ya , maka bagusnya kamu ambil yang SEO yakni teknik optimasi mesin pencari, kalau kamu sudah menguasai tekni SEO maka website kamu nanti akan ditampilkan secara organik . Untuk memasarkan produk kamu , nanti gak usah bayar , semuanya gratis . 
  • Jika kamu tidak punya waktu untuk berlama-lama di depan internet namun kamu ada modal , baiknya kamu langsung datang ke google adwords , silahkan klik link berikut ini : google adwords , disana juga sudah ada nomer telponnya , silahkan telpon dia . lakukan apa yang ia suruh . 



Baca referensi : 








No comments:

Apa itu mobile friendly